teamcool2's Profile on Ping.sg

Konfigurasi Ip Address (Debian)

oke di awal bulan yang indah  ini ane mau nulis sedikit ilmu, konfigurasi ipaddress di linux debian .

sebelumnya apasih ip address itu ? ip address adalah alamat dari sebuat komputer atau perangkat jaringan seperti router,switch,dll.
ipaddress juga sering di sebut TCP/IP,oiya alamat kompter bukan di Kenali dari IP address aja tapi dari MacAddress , Hostname dan DNS .
oke mungkin segitu deh penjelasan ip address itu !!!

sebelumnya waktu itu ane pernah bikin Post tentang konfigurasi  samba di Debian nah sebenernya sebelum konfigurasi samba harus setting ipaddress,  saat installasi debian awal sebenenya jika ethernya udh ke baca pati langsung setting ipaddressnya nah tapi terladang tidak ada setting ip address nah sekarang ane bakal jelasin cara konfigurasi ip address

pertama buka terminal
ketikan su masukan passwordnya

lalu cek apakah ether terdeteksi apa tidak
# lspci
liat apakah ada nama driver ether

ada dua cara untuk menkonfigurasi atau mensetting

1. CARA CEPAT
cara cepat dan sangant mudah tapi saat komputer di restart konfiruasi akan hilang semua (BERSIFAT SEMENTARA)

debian:~# ifconfig eth0 192.168.1.1 netmask 255.255.255.0 up

2.CARA AMAN
letak file konfiruasi untuk ipaddress adalah /etc/network/interfaces nah sekarang kita gunakan perintah editing seperti pico,nano,vim,dll
debian:~#  pico /etc/network/interfaces 

















tambahkan seperti di atas .

jika sudah restart ethernya 
debian:~# /etc/init.d/networking restart

 Lihat hasil konfigurasi.

debian:~# ifconfig

terimkasih semoga bermanfaat

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons