teamcool2's Profile on Ping.sg
rss twitter

INSTALASI DAN KONFIGURASI FTP SERVER (DEBIAN)

FTP SERVER



File Transfer Protocol (FTP) merupakan client/server protocol yang menyediakan fasilitas untuk transfer data dalam jaringan atau dengan kata lain protokol yang digunakan untuk pertukaran file antara dua host dalam jaringan TCP/IP. Sebuah ftp server dapat diset sebagai ftp publik sehingga setiap orang dapat mengakses data-data yang ada di server ftp dengan menggunakan login
anonymous atau ftp. Selain itu, ftp juga dapat diset agar server hanya dapat diakses oleh user tertentu saja dan tidak untuk publik.

Pada gambar di atas terlihat bahwa perintah 'get' digunakan untuk menyalin file dari server ke localhost. Sedangkan perintah 'put' untuk menyalin file dari localhost ke server FTP. Kedua perintah di atas adalah perintah dasar yang paling sering digunakan untuk aplikasi FTP.
Terdapat banyak software yang dapat digunakan untuk FTP server, Namun pada pembahasan ini hanya akan dijelaskan vsftpd. Vsftpd berlisensi GPL untuk aplikasi FTP server pada sistem operasi Unix termasuk GNU/Linux. Alasan penggunaan software ini karena kemudahan instalasi, konfigurasi serta keamanan yang ditawarkan oleh vsftpd.
Pertama yang harus dilakukan adalah pembuatan direktori ftp yang akan digunakan oleh user anonymous sehingga server FTP dapat diakses oleh setiap orang.


debian:~# mkdir /ftpserver
debian:~# chmod 755 –R /ftpserver

Buat sebuah user anonymous yang akan digunakan untuk mengakses FTP server.
debian:~# useradd –d /ftpserver ftp
debian:~# passwd ftp

Untuk instalasi vsftpd dapat menggunakan perintah berikut.
debian:~# apt-get install vsftpd

SUMBER : http://www.debianindonesia.org

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons